Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

12 Manfaat daun pandan untuk kesehatan dan cara pakainya

Brilio.net

Tanaman hijau ini bisa membantu menjaga kesehatan dan kecantikan secara alami

Daun pandan atau yang secara ilmiah dikenal dengan nama pandanus amaryllifolius merupakan tumbuhan perdu berdaun hijau yang termasuk dalam genus Pandan. Tanaman tropis ini bisa tumbuh setinggi 2 meter. Bentuk batangnya bulat dan daunnya berwarna hijau cerah berbentuk bilah sempit. Daun pandan begitu terkenal di Asia Tenggara.
Daun pandan biasa digunakan sebagai bahan campuran makanan dan minuman. Tanaman tropis ini memiliki daun berwarna hijau cerah dan disukai karena senyawa aromanya yang manis. Daun pandan bisa memberi rasa segar dan gurih. Bahkan beberapa minuman (seperti santan) dan manisan dibuat dengan daun ini karena rasa pandannya yang kuat. Namun tahukah anda jika daun pandan memiliki banyak manfaat selain sebagai hidangan?
Selidiki, daun pandan memang baik untuk tubuh. Tanaman hijau ini dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan secara alami. Daun pandan memiliki nutrisi yang baik, seperti senyawa flavonoid, polifenol, saponin, glikosida, minyak atsiri yang kaya aromatik, dan alkaloid. Tak heran jika daun pandan digunakan secara rutin, ternyata bisa memberikan manfaat lebih dan berkhasiat untuk tubuh.
Lantas, apa saja manfaat daun pandan bagi kesehatan dan bagaimana cara memanfaatkannya? Berikut beberapa manfaat daun pandan bagi kesehatan, seperti yang dihimpun kesoax blog dari berbagai sumber, Rabu (26/8).

1. Membantu mengatasi sakit atau nyeri.

foto: freepik.com
Pandan memiliki sifat pencahar. Sedangkan daunnya dapat berperan sebagai pereda nyeri untuk sakit kepala, sakit telinga, kram perut (radang dan infeksi), nyeri dada, dan rematik. Cara menggunakannya, campurkan daun pandan dengan teh hangat. Bersihkan dan ikat 8-10 lembar daun pandan, rebus dalam panci berisi air selama 10 menit dan didihkan selama 5 menit. Tambahkan jahe atau serai sesuai selera.

2. Detoksifikasi tubuh.

foto: freepik.com
Detoksifikasi atau kurangi kadar racun dalam tubuh. Menambahkan daun pandan ke makanan Anda dapat membantu hati Anda dengan organ lain berfungsi dengan baik. Sehingga racun dalam tubuh akan berkurang secara alami. Terutama racun dan zat tidak sehat dari hati. Karena daun pandan adalah obat pencahar alami, ringan dan mudah membantu menghilangkan kotoran (kotoran).

3. Membantu mengatasi ketombe.

foto: freepik.com
Daun pandan tidak hanya bermanfaat untuk tubuh bagian dalam. Daun pandan juga dapat memberikan efek yang baik untuk kesehatan kulit kepala, yaitu mengatasi masalah ketombe yang membandel. Cara penggunaannya pun sangat mudah dan simpel. Jadikan daun pandan menjadi masker dan sampo alami.
Hancurkan atau haluskan 10 lembar daun segar hingga halus. Lalu campur dengan 100 ml air. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala, bungkus atau tutupi kepala dengan handuk. Biarkan atau diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas kepala dengan air atau sampo hingga bersih.

4. Menurunkan kadar gula dalam tubuh.

foto: freepik.com
Dilansir dari laman The Benefit, daun pandan bisa menggantikan manfaat gula sebagai pemanis makanan dan minuman. Daun pandan bisa memberi rasa segar dan gurih. Oleh karena itu, teh atau ekstrak pandan dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Glukosa plasma dalam tubuh bisa turun drastis saat mengonsumsi daun pandan. Cocok juga untuk Anda yang sudah terdiagnosis diabetes.

5. Menurunkan tekanan darah.

foto: freepik.com
Salah satu manfaat daun pandan untuk kesehatan yang paling manjur adalah dapat menurunkan tekanan darah. Ini adalah cara alami untuk meredakan gejala pusing dan dapat membantu mencegah stroke. Cara menggunakan daun pandan untuk menurunkan tekanan darah sangatlah mudah. Ambil 2 sampai 3 daun berukuran sedang, ikat menjadi simpul. Masukkan ke dalam panci berisi air.

6.  Meredakan asam urat.

foto: freepik.com
Teh atau ekstrak daun pandan diketahui mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami. Sehingga bisa membantu meringankan gejala asam urat. Minum teh daun pandan buatan sendiri atau sendiri secara rutin juga dapat membantu mengeluarkan batu ginjal dari dalam tubuh.
Caranya, cuci bersih 3 sampai 4 lembar daun pandan kecil atau sedang. Buatlah daunnya menjadi simpul agar lebih praktis. Didihkan air dalam panci kecil, tambahkan daun pandan. Anda bisa menambahkan jahe agar aromanya lebih segar. Rebus selama 10 menit hingga air menjadi hijau. Tiriskan dan daun dari air mendidih. Minum teh (ekstrak daun pandan) saat sudah dingin.

7. Meningkatkan nafsu makan.

foto: freepik.com
Bagi Anda atau anak Anda yang sedang mengalami nafsu makan yang lemah, apalagi jika Anda baru saja sembuh dari sakit atau enggan makan, daun pandan dapat membantu memulihkan dan menambah nafsu makan. Minumlah teh daun pandan pada pagi dan sore hari untuk menghilangkan nafsu makan yang hilang.

8. Membantu menurunkan demam.

foto: freepik.com
Memasukkan daun pandan ke dalam makanan dapat membantu mengurangi gejala demam dengan cara mengurangi panas tubuh secara bertahap. Caranya mudah, ambil 2 sampai 3 lembar daun pandan, ikat menjadi simpul. Taruh di wajan nasi. Lalu masak nasi dengan daun pandan di dalam air. Masak dan tunggu aroma dan perasan daun pandan meresap ke dalam nasi.

9. Meningkatkan stamina tubuh.

foto: freepik.com
Daun pandan tidak hanya bisa menambah nafsu makan, tapi juga menambah stamina. Untuk menambah stamina, rebus lima lembar daun pandan dengan 3 gelas air. Angkat dan buang daunnya saat air mendidih. Biarkan campuran menjadi dingin. Tambahkan beberapa tetes lemon ke dalam air. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum ramuan ini setiap 2 hari sekali.

10. Membantu mengatasi impotensi.

foto: freepik.com
Daun pandan juga menjadi obat alami yang bisa membantu pria mengatasi impotensi jika diminum secara rutin. Caranya, cuci bersih 3 lembar daun pandan dan potong kecil-kecil. Rebus daunnya dalam 4 gelas air. Masak atau didihkan hingga volume air berkurang setengahnya, yaitu sekitar 2 gelas. Minum ramuan ini dua kali sehari, masing-masing satu cangkir pada pagi dan sore hari.

11. Membantu menurunkan risiko kanker.

foto: freepik.com
Ekstrak daun pandan dipercaya memiliki efek sitotoksik, antimiotik, antiproliferatif, dan apoptosis. Kandungan daun pandan dikatakan memiliki potensi yang baik untuk menurunkan risiko kanker. Yakni sebagai obat terapi kanker. Manfaatnya bisa Anda rasakan dengan menjadikan daun pandan sebagai minuman. Konsumsi daun pandan secara rutin dua kali sehari.

12. Mengurangi tingkat depresi.

foto: freepik.com
Setiap hari Anda dituntut untuk menjalani rutinitas merayap yang sibuk. Pantas saja Anda merasa bosan atau lelah. Itu bisa membuat Anda merasa stres. Dilansir dari The Benefit, salah satu cara mengurangi depresi adalah dengan memanfaatkan daun pandan. Kandungan dalam daun pandan bisa membuat Anda lebih tenang dan menurunkan tingkat kecemasan. Konsumsi ekstrak daun pandan secara rutin, bisa dimasak dengan nasi atau dijadikan ekstrak daun pandan.

Post a Comment for "12 Manfaat daun pandan untuk kesehatan dan cara pakainya"